Di Cetakan Baru Rupiah, Ada Tanda Tangan Menkeu dan Gubernur BI

By Admin

nusakini.com--Uang Rupiah Desain Baru Tahun Emisi (TE) 2016 baru saja diluncurkan secara resmi oleh Presiden Joko Widodo pada Senin (19/12). Di atas cetakan uang kertas TE terbaru tersebut, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Gubernur Bank Indonesia Agus D.W. Martowardojo membubuhkan tanda tangannya. Ini baru kali kedua adanya cetakan dengan tanda tangan Menteri Keuangan. 

Menteri Keuangan membubuhkan tanda tangan pertama kali pada cetakan mata uang Rp100.000 TE 2014. Menteri Keuangan menjadi wakil pemerintah yang membubuhkan tanda tangannya di uang kertas NKRI. Ketentuan ini merupakan salah satu amanat UU nomor 7 tahun 2011 tentang Mata Uang, dimana Menkeu akan menandatangani uang kertas rupiah pada 17 Agustus 2014 bersama Gubernur BI. 

Sebagai informasi, beberapa ciri uang kertas Rupiah yang diatur dalam Pasal 5 Ayat 1 UU tentang Mata Uang antara lain gambar lambang negara ”Garuda Pancasila”; frasa ”Negara Kesatuan Republik Indonesia”; sebutan pecahan dalam angka dan huruf sebagai nilai nominalnya; serta tanda tangan pihak Pemerintah dan Bank Indonesia.(p/ab)